Tangga Melayang Minimalis dengan Kaca






Sumber: home-designing.com
Sumber: home-designing.com

Tangga sering kali menjadi kebutuhan untuk desain rumah pada masa sekarang, terlebih bila rumah dibangun secara bertingkat. Penghubung antarruangan atau antarlantai tersebut merupakan elemen fungsional dalam rumah. Namun, tangga kini pun tidak hanya dapat menjadi fungsional, loh. Mempercantik interior juga bisa dengan desain tangga yang tidak biasa.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Floating staircase, misalnya. Desain tangga “melayang” ini dapat membuat ruangan terlihat lebih atraktif, unik, dan modern. Floating staircase juga dapat tampil menarik untuk rumah dengan minimalist décor. Tidak heran banyak rumah yang kini menerapkannya. Untuk membuatnya pun ada beragam pilihan material dan cara sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan.

Konstruksi yang kuat

Soal rangka, tangga melayang menggunakan konstruksi kantilever dari baton. Selain kuat, rangka ini memungkinkan pijakan anak tangga tak disangga tiang. la hanya tertanam pada dinding. Tentu saja di dalam tembok ada tulangan besi yang saling mengikat erat.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Saat menapaki anak tangga, Sobat mungkin agak ragu dan sempat khawatir kalau tangga itu tidak kuat menahan beban tubuh Sobat. Memang, tangga ini sedikit bergetar saat setiap kaki melangkah ke setiap pijakan. Rasa khawatir itu sirna, saat tangan Sobat bertumpu pada handrail besi.
Terkadang, orang tetap merasa khawatir bila tidak ada railing, karena itu Sobat bisa tetap menghadirkannya dengan railing berbahan kaca atau transparan di kedua sisi tangga. Dengan begitu, kesan “melayang” tetap dapat dipertahankan. Namun, apa pun desainnya, pastikan struktur pemasangan tangga kuat untuk menahan beban.

Material tangga melayang


Sumber: homedit.com
Sumber: homedit.com

Sementara untuk material, kayu merupakan bahan yang sering digunakan. Selain itu, ada kaca dan plastik yang memang dibuat khusus untuk tangga. Tidak perlu khawatir, masih banyak material lain yang bisa dipilih, seperti steel. Lalu, percantik tampilan tangga dengan menambahkan lighting, misalnya indirect lighting. Tangga akan tampil lebih menawan, bercahaya, dan dramatis.
Bagaimana Sobat? Tertarik untuk membuat tangga melayang di rumah? Pastikan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dari tangga ini ya, supaya yang naik tangga tidak merasa cemas nantinya.

Komentar

Postingan Populer